Kamis, Mei 28, 2009

Barcelona Juara Liga Champions 2009


Barcelona Juara Liga Champions 2009 setelah mengalahkan Manchester United di partai final, Kamis 28 Mei 2009 dengan skor 2-0, gol masing-masing dicetak Eto'o di menit 10 dan Messi di menit 70. Dengan kemenangan ini mengantarkan Barcelona sebagai tim asal Spanyol yang berhasil meraih Treble Winner, yaitu juara La Liga, Copa del Ray, dan Liga Champions.

Ini adalah gelar ketiga yang diraih Barcelona setelah mereka juara pertama kali tahun 1991-1992 ketika masih bertajuk Piala Champions dengan mengalahkan Sampdoria 1-0 dan gelar kedua Los Azulgrana diraih musim 2005-06 ketika kejuaraan sudah berubah format menjadi Liga Champions dengan menglahkan Arsenal di partai final dengan skor 2-1.

Gelar ketiga ini menyamai rekor perolehan gelar Manchester United yang mereka kalahkan di partai puncak yang telah meraih gelar ini sebanyak tiga kali.
Kemenangan ini juga mengantarkan pelatih Pep Guardiola sebagai orang yang memenangkan trophy ini baik sebagai pelatih maupun pemain.

Berikut daftar klub pemenang, sejak dimulainya kejuaraan ini tahun 1955 :

9 - Real Madrid
7 - AC Milan
5 - Liverpool
4 - Bayern Munich, Ajax Amsterdam
3 - Manchester United, Barcelona
2 - Benfica, Juventus, Inter Milan, Nottingham Forest, Porto
1 - Celtic, Hamburg SV, Steaua Bucharest, Olympique Marseille, Feyenoord, Aston Villa, PSV Eindhoven, Red Star Belgrade, Borussia Dortmund.

sumber uefa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CO.CC:Free Domain

Your Ad Here