Senin, Juni 01, 2009

Ratusan Siswa SMA di Ngawi dan Madiun tidak Lulus UN



Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dinyatakan tidak lulus ujian nasional (UN) 2009. Keputusan awal ini berdasarkan surat rekomendasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Terkait keputusan itu, sebanyak 315 siswa SMAN 2 Ngawi dan 140 siswa SMAN Wungu Kabupaten Madiun, Jawa Timur harus mengulang ujian penentu kelulusan tersebut. "Seluruh siswa SMAN 2 Ngawi harus mengulang UN mereka, hal ini berdasar keputusan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Namun, sejumlah siswa tersebut masih diberi kesempatan untuk melakukan UN ulang sehubungan dengan tertibnya SK dari BSNP," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Abimanyu, Minggu (31/5).

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun, Sumardi, pun mengatakan hal yang sama terkait alasan pengulangan UN di SMAN Wungu. Beberapa faktor yang sama muncul terkait gagalnya 100 persen siswa SMAN 2 Ngawi dan SMAN Wungu Madiun dalam menempuh UN. Salah satunya, dugaan kebocoran jawaban soal yang didapat melalui pesan singkat atau SMS, sebelum mereka melaksanakan UN sehari sebelumnya.

Abimanyu dan Sumardi pun menyatakan penyebab gagalnya anak didik mereka dalam menempuh UN. Yaitu berdasar hasil scanning Puspendik terhadap lembar jawab siswa diperoleh pola jawaban yang kesemuanya isinya sama, tapi kenyataan hasilnya salah semua.

Menindaklanjuti instruksi BNSP atas gagalnya ratusan siswa SMA dalam UN-nya, kepala dinas di dua kabupaten tersebut dengan serta merta mengupayakan UN ulang bisa dilaksanakan secepatnya, yaitu antara 8-12 Juni mendatang.

Dari : Media Indonesia Oleh : Agustanto Budiprayogo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CO.CC:Free Domain

Your Ad Here